Rabu, 28 Maret 2018

Resep Mudah Membuat Kue Kuping Gajah

Resep Mudah Membuat Kue Kuping Gajah
Resep Mudah Membuat Kue Kuping Gajah
Resep Mudah Membuat Kue Kuping Gajah – Apakah anda termasuk orang yang suka dan hobi membuat aneka maacam kue kering? Sudahkah anda membuat kue kering yang sering disebut dengan kue kuping gajah? Ya kuping gajah adalah sejenis kue kering yang sudah populer dan dikenal luas oleh masyarakat bukan karena dari bentuknya saja yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri namun juga karena rasa dari kue kering satu ini pun membuat lidah selalu merasa ketagihan. Resep kue kering gajah termasuk salah satu yang populer diantara tips membuat kue kering-kue kering lainnya. Bentuk yang unik dan rasanya yang enak tersebut termasuk alasan mendasar mengapa banyak sekali orang yang membuat kue kuping gajah ini baik untuk suguhan camilan sehari-hari di rumah ataupun untuk suguhan tamu saat hari-hari spesial di rayakan seperti saat hari Raya Idul Fitri.

Jika hari spesial datang, kue kuping gajah selalu menjadi primadona yang tidak boleh ketinggalan untuk dibuat oleh para ibu. Dinamakan kuping gajah karena mungkin bentuknya mirip dengan alat pendengaran hewan bertubuh besar tersebut dimana berbentuk agak melebar tipis. Akan tetapi tidak semua para ibu juga ahli dan lihai membuat kue kering kuping gajah ini, nah maka dari itu pada kesempatan kali kita akan berbagi resep membuat kue kering gajah spesial, khusus bagi para ibu yang belum mengerti cara pembuatannya.

Para ibu di rumah untuk membuat kue kuping gajah, maka terlebih dahulu anda harus mempersiapkan bahan-bahan berikut yaitu seperti :
  1. 300 gram tepung terigu
  2. 50 gram tepung maizena
  3. 100 gram gula bubuk
  4. 200 ml santan kental
  5. 4 buah telur
  6. 1 sdt vanilla
  7. 1 sdm coklat bubuk
  8. dan 1 sdt garam asin
Jika bahan-bahan tersebut telah tersedia semuanya, dapat dilanjutkan pada cara pembuatannya yaitu :
  • Pertama kocoklah telur kemudian tambahkan gula bubuk, 1 sdt garam, dan 1 sdt vanilla, kemudian kocok sampai mengental dan semua bahan tercampur rata.
  • Kedua tambahkan adonan dengan tepung terigu dan maizena lalu masukkan pula santan secara perlahan dan aduk hingga merata. Lihat dan pastikan adonan kue kuping gajah tersebut licin dan mudah untuk dipulung.
  • Ketiga ambil setengah bagian adonan lalu tambahkan dengan bubuk coklat. 
  • Keempat gilaslah masing-masing adonan hingga mencapai tebal sekitar 0,5 cm lalu setelah itu tumpuk menjadi satu adonan berwarna putih dan coklat serta tekan hingga keduanya melekat benar. Proses selanjutnya adalah gulungkan kedua adonan kue kuping gajah hingga benar padat dan bentuklah silinder lalu masukkan dalam kulkas sebentar. 
  • Kelima ambil kembali gulungan kue kuping gajah dari dalam kulkas lalu potong tipis dan gilas kembali hingga menipis benar, setelah itu sisihkanlah yang sudah jadi. 
  • Keenam goreng kue kuping gajah yang telah dibentuk tadi pada minyak panas sampai kering dan matang. 
  • Ketujuh jika telah kering dan matang angkat, tiriskan, dan simpan kue kuping gajah yang telah masak tadi pada toples tertutup biar awet. Selamat mencoba.
Latest
Next Post

0 komentar: